Senin, 23 November 2015

Tips Membeli Mobil Pribadi ( Bagian 1 )

Semakin canggihnya teknologi jaman sekarang, mulai dari sosial media dll, kini transaksi jual beli apapun juga bisa secara online. Jual barang bekas anda yang tak terpakai di olx.co.id dan silahkan beli barang yang lebih bagus, hehehe sedikit promosi ini..hehehe ... tak apalah soalnya saya juga sering memakai jasa ini buat ngiklanin barang bekas saya yang tidak terpakai.
Berikut ini saya share tips membeli mobil bekas yang aman sehingga tidak menyesal dikemudian hari dan juga nantinya harga jualnya kembali tinggi karena kita bisa beli barang yang kualitasnya masih bagus. Daripada kita beli di Showroom, kebanyakan mobil sudah di poles, rekondisi juga disalon sehingga mobil yang sebenarnya kondisinya kurang bagus terlihat menjadi sangat bagus.


Sesuaikan Budget ( Kondisi Keuangan ) dengan kebutuhan kendaraan
ini sangat penting kita bahas pertama kali. jangan sampai kita salah dalam menentukan harga dan kebutuhan yang kita butuhkan. banyak sekali pihak penjual yang menawarkan harga kredit, usahakan jangan menggunakan jasa kredit karena nanti nya akan memberatkan dan jumlah uang yang kita bayar totalnya akan melambung tinggi, nilai mobil juga semakin tinggi, apalagi harga mobil tiap tahun pastilah turun. Ini nantinya yang akan menjadikan kita merugi sangat besar bila suatu saat akan menjual kembali. Jadi tips pertama beli mobil sesuai dengan keuangan kita dan sesuai dengan kondisi kebutuhan.

Cek Kondisi Fisik Kendaraan
Cek kondisi ini ada dua jenis, yang pertama kita check bodi mobil dan mesin. Kondisi bodi harus benar benar tipis tidak banyak dempul. Kalau bisa ya harus masih orisinil catnya. Kemudian masalah mesin, meskipun kita tidak tahu dengan teliti tentang mesin, daripada kita membayar jasa montir untuk mengecek mesin, bisa kita lakukan pengecekan sendiri. Yang pertama kita stater mobil, kita dengarkan suara mobil paling tidak harus halus dan tidak kasar. Disini tergantung bahan bakar bensin apa solar. Kalau bahan bakar bensin, lebih mudah kita cek, tinggal kita injak pedal gas yang keras sambil kita lihat di belakang, dari knalppot harus bersih tidak mengeluarkan asap. tapi sebelum itu, bisa kita cek dengan memasukkan jari kita ke lubang kenalpot ( ini dilakukan sebelum kita menyalakan mesin, biar gak kena panas knalpot). Kalau kenalpot bersih bebas jelasa, bisa dipastikan mesin dalam kondisi bagus. selain itu kita tenggok kebawah mobil, kita lihat setidak nya mesin kondisi kering tidak ada rembesan oli. Berbeda dengan mobil bahan bakar solar, pastilah kenalpotnya banyak jelaga hitam dan mengeluarkan asap. Ini kondisi normal untuk mobil dengan bahan bakar solar. Yang kita perhatikan adalah kondisi mesin tidak boleh ngobos ( istilah pada mesin dengan bahan bakar solar yang kondisinya kurang bagus ). Cara ngeceknya, stater mobil, injak pedal gas yang lama, biarkan mobil menyala sekitrar 10-15 menit. Kemudian buka kap mesin, cabut tutup indikator oli atau tutup oli mesin, kita lihat kondisinya harus bersih, tidak ada asap yang keluar dari mesin. Ini menandakan kalau kondisi mesin masih bagus atau tidak. kemudian kita cek lagi sasis mobil, harus bener-benar utuh tidak ada rekayasa atau bekas di las ulang. harus utuh. cek juga kondisi ban dan kaki kaki mobil dengan mencoba test drive. Cek juga semua indikator lampu maupun ac.
Kemudian langkah kedua setelah kita cek kondisi fisik mobil kita cek tentang kelengkapan surat surat dan dokumen asal usul harus sesuai dengan kondisi mobil.paling mudah kita bawa aja ke samsat buat cek fisik. atau kita cek sendiri dengan hati-hati. Nomor rangka dan nomor mesin harus sesuai, dan yang paling penting harus ada fakturnya, kalau bisa kita beli mobil harus jeli melihat asal usul kendaraan tersebut. kalo bisa asli dari lokal, misal kita di jawa timur ya harus asli faktur dari jawa timur, ini nanti menentukan sekali dari harga jual mobil nantinya. contohnya misal faktur mobil yang tertera itu mobil berasal dari jakarta maupun luar jawa, bisa dipastikan kalau harga jualnya nanti pastilah jatuh. kebanyakan mobil yang beraasal dari jakarta kebanyakan bekas terkena banjir sehingga kondisi mesin kebanyakan kurang bagus. Untuk mobil yang bekas dari luar pulau biasanya kondisi fisik kaki-kaki kurang bagus karena medan tempuh di luar pulau jawa kebanyakan sangat berat.

Lanjutkan Membaca

4 komentar:

  1. suwun mas bro.... hehehe itu masih bersambung.. kemarin mau nerusin tapi pas repot.. nanti sampean baca sampe tuntas pasti nanti faham masalah mobil.. ya lumayan buat tambahan ilmu kalau mau beli mobil bekas.. biar gak salah pilih mobil hehehe, jangan lupa baca postingan yang lainnya...terima kasih

    BalasHapus
  2. Orangnya lg sibuk kyknya... wkwk...

    BalasHapus